YOGYAKARTA, IPMDIY.ID – Tahun 2019 menyapa masyarakat dengan serangkaian cerita menjelang pemilihan umum (pemilu). Tentunya, bagi para pemilih pemula, bisa dibilang ini merupakan pengalaman baru untuk mereka. Melihat hal tersebut, Bidang Advokasi PW IPM DIY bersama dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Komunitas Independen Sadar Pemilu (KISP) berusaha menyusun pelatihan untuk trainer pemilih pemula pada Ahad (24/3) dalam rangka mensosialisasikan pendidikan politik bagi pemilih pemula. Kegiatan ini dilaksanakan sejak pukul 08.00 WIB hingga menjelang sore hari.

Pelatihan yang dilaksanakan di Gedung PP Muhammadiyah ini berhasil mendatangkan dua pembicara ahli. Pertama yakni David Efendi, M.A. yang merupakan Dosen Ilmu Pemerintahan di UMY serta seorang pegiat komunitas literasi. Selain itu, yang kedua adalah Moch. Edward Trias Pahlevi, S.IP. yang merupakan Koordinator KISP Jogja. Terdapat kurang lebih 25 peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini dan berasal dari beberapa daerah kabupaten atau kota yang berbeda. Semakin menarik karena tidak hanya penyampaian materi saja, pelatihan ini diisi dengan beberapa selingan permainan edukatif dan diskusi secara bervariasi.

Keseruan Peserta TOT Pemilih Pemula dalam berdiskusi

Kemudian di akhir sesi, para peserta bersama juga bersepakat untuk menindaklanjuti pelatihan ini melalui pengadaan pelatihan sejenis di setiap daerah kabupaten atau kota masing-masing. Selain itu, demi memasifkan gerakan secara lebih luas, pengadaan sayembara ‘menulis surat untuk presiden’ dan kampanye pemilu melalui media sosial juga turut dipertimbangkan. Hal tersebut disampaikan oleh Ipmawan Racha Julian Chairurrizal selaku moderator dan sekaligus sebagai Kabid Advokasi PW IPM DIY, “Harapannya, kegiatan ini akan lebih luas dampaknya untuk para pemilih pemula dengan adanya beberapa agenda tindak lanjut yang tepat sasaran”, ujar mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMY tersebut. (admin)