Bantul, IPMDIY.ID – Advokasi biasanya selalu diidentikan dengan hukum, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, hukum menjadi materi pertama dalam Sekolah Advokasi, hari Jumat (2/7), malam hari. Ada pun, materi ini disampaikan oleh Ahmad Rijal Syatata, S.H., dari Divisi Hukum LBH Yogyakarta.

Dalam materinya yang disampaikan, Rijal – sapaan akrabnya – memaparkan pengertian dasar tentang hukum, “Hukum yang sebagaimana kita tahu adalah sistem atau norma yang mengikat dan terbentuk atas kesepakatan dan kebiasaan. Hukum sendiri juga meliputi tiga hal, antara lain : perintah, larangan, dan pengenaan”, paparnya.

Kemudian, alumni Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini juga menegaskan sifat dasar dari sebuah hukum, “Sifat dasar hukum adalah pasti, manfaat, dan adil. Jika ada yang menyeleweng dari tiga sifat tersebut, bisa dipastikan itu adalah produk pelaksana hukum sebagai individu, bukan produk teori dan norma dasar hukum itu sendiri”, katanya.

Selain itu, dalam materinya Muhammadiyah sendiri juga banyak melakukan upaya advokasi melalui jalur hukum, “Banyak upaya advokasi yang diperjuangkan Muhammadiyah melalui jalur hukum. Seperti, menyikapi perkara – perkara korupsi, permasalahan lingkungan, dan jihad konstitusi”, tandasnya.

Dari sini, dia berharap kawan – kawan IPM dan pelajar yang lain juga berani memperjuangkan upaya advokasi, tidak hanya melalui jalur hukum, tetapi juga melalui jalur lain yang memungkinkan perjuangan kawan – kawan pelajar. (dzik)