Official Logo Konpiwil IPM DIY © Lembaga Media IPM DIY, 2020

Tepat setahun PW IPM DIY periode 2018-2020 berjalan. Bergerak dengan semangat keilmuan, untuk mewujudkan pelajar DIY yang cemerlang. Guna memantapkan semangat dan gagasan keilmuan, PW IPM DIY menyelenggarakan Konferensi Pimpinan Wilayah (Konpiwil). Kali ini Kabupaten Bantul secara resmi ditetapkan sebagai Tuan Rumah Konpiwil IPM DIY tahun 2020.

Pada periode 2018/2020 ini, PW IPM DIY mengusung slogan “Pelajar Berdaulat” yang memiliki tiga nilai dasar (religiusitas, keterampilan, kecerdasan) yang mana nilai tersebut erat kaitannya dengan karakteristik Insan Kamil sehingga semangat Pelajar Berdaulat dapat diduduksejajarkan dengan Insan Kamil. Oleh karena itu, tema yang diangkat pada Konpiwil periode 2018/2020 adalah, “Pelajar Berdaulat: Natas, Nitis, Netes.”

Tema Konpiwil IPM DIY © Lembaga Media IPM DIY, 2020

Natas, Nitis, Netes merupakan peribahasa Jawa yang digunakan sebagai representasi Insan Kamil. Dalam perjalanan hingga terlaksananya Konpiwil, IPM DIY perlu memantapkan langkah kembali untuk mengokohkan hakikat dirinya sebagai Pelajar Berdaulat dengan Natas; Menyadari keberadaan Tuhan, Nitis; bersama Tuhan Kita Hidup, Netes; Bersatu kepada Tuhan kita kembali dan bersama dengan asma wa sifatNya, yang tentunya meliputi religiusitas, ketrampilan dan kecerdasan kita beraktivitas, sehingga dalam gerakan IPM DIY, tersirat harapan untuk senantiasa menjadi Insan Kamil.

Guna mempersiapkan gelaran Konpiwil, Lembaga Media PW IPM DIY berkesempatan untuk membuat desain logo Konpiwil dengan ikon Menara di Pantai Pandansari di Kabupaten Bantul. Ada pun ikon air pada logo menggambarkan keindahan pemandangan laut yang terdapat di pesisir pantai selatan di DIY.

Dari segi filosofi, ikon pena dalam logo merupakan penjelasan dalam pemaknaan dari natas, nitis, netes. Layaknya sebuah pensil ketika menulis, kita jangan pernah lupa kalau ada tangan yang selalu membimbing langkah kita dalam hidup ini. Kita menyebutnya tangan Tuhan, Dia akan selalu membimbing kita menurut kehendakNya. Makna dari air laut berhubungan dengan makna Insan Kamil. Tugas utama manusia paripurna di bumi ini untuk beribadah dan menciptakan rahmat bagi alam semesta. Air laut selalu secara konsisten bergelombang yang melambangkan kita agar selalu konsisten dalam beribadah dan selalu memberi rahmat dan manfaat bagi alam semesta.

Lokasi dan Waktu Konpiwil IPM DIY © Lembaga Media IPM DIY, 2020

Konpiwil IPM DIY akan diselenggarakan pada 29 Februari-1Maret 2020 mendatang, di SMK Muhammadiyah Bambanglipuro, Bantul. Persiapkan dirimu, kader! Sampai jumpa di Bantul! (ipmdiy)

P.S. LOGO KONPIWIL (.PNG, PDF, dan .CDR) BISA DIUNDUH DI SINI