Bantul, IPMDIY.ID – Ada banyak materi yang menarik dalam Sekolah Advokasi kali ini. Salah satunya materi “Keamanan” yang dibawa oleh Erik Tauvani Somae, S.H.I., M.H.I., pada hari Sabtu (3/8) kemarin.

Dalam materi tersebut, pak Erik menyampaikan banyak hal terkait dengan keamanan yang mana memiliki keterkaitan dengan hukum dan toleransi, “Sejak awal berdirinya, K.H. Ahmad Dahlan menjadikan Muhammadiyah sebagai organisasi yang taat terhadap hukum. Jadi, Muhammadiyah bisa dikatakan sebagai gerakan yang institusional. Dan juga, Muhammadiyah selalu berusaha untuk bekerja sama dengan berbagai organisasi lain untuk mewujudkan negara yang aman dan sentosa”, ujarnya.

Menurutnya, tujuan Muhammadiyah, yaitu mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar – benarnya dan asas Pancasila adalah kunci utama mewujudkan negara yang aman, sentosa, adil, dan bersatu padu,

“Bagi Muhammadiyah, Pancasila sudah sejalan dengan nilai – nilai Islam dan tujuan Muhammadiyah, yaitu mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar – benarnya. Maka, sinergitas antara Muhammadiyah dan negara sangat diperlukan untuk mewujudkan negara yang aman, sentosa, adil, dan bersatu padu”, jelasnya.

Lalu, di akhir materi, Dosen LPSI Universitas Ahmad Dahlan ini berpesan agar para pelajar selalu menguatkan kemampuan literasinya, “Jangan takut untuk terjerumus, bila kawan – kawan punya literasi, akan bisa berjalan sesuai koridor”, katanya. (dzik)