KARANGMOJO, GUNUNGKIDUL, IPMDIY.ID – Hari Selasa dan Rabu (2 – 3 /4) kemarin, Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Gunungkidul (PD IPM Kab. Gunungkidul) mengadakan Pelatihan Kewirausahaan. Acara ini dilaksanakan di TK ABA 17 Karangmojo, Gunungkidul.

Mengusung tema “Pelajar Daulat Ekonomi”, para pelajar Gunungkidul sangat antusias dalam mengikuti acara ini. Pada pelatihan tersebut, ada penyampaian materi tentang Pariwisata, Kewirausahaan, dan Manajemen Marketing bersama Chairul Agus Mantara (Ketua Karangtaruna Kab. Gunungkidul) dan Yudan Hermawan (Koordinator Pengelola Wira Wisata Pindul). Di sini, para peserta belajar mengenai manajemen marketing pariwisata, mengingat Gunungkidul mempunyai banyak kawasan wisata yang populer, yang mana hal tersebut harus bisa dimanfaatkan dan dikelola sebaik – baiknya oleh pelajar Gunungkidul sendiri.

Para Peserta bersama Pemateri

Selain materi, juga ada yang menarik dan asyik dari kegiatan ini, yaitu praktik langsung pada esok harinya, di Goa Pindul dengan menjadi tour guide (pemandu wisata). Praktik di sini, selain menjadi pemandu wisata, para pelajar juga menerapkan strategi pemasaran online & offline, serta pelayanan jasa makanan dan jasa yang lain.

Praktek Langsung Peserta sebagai Pemandu Wisata di Goa Pindul

PD IPM Kab. Gunungkidul, melalui ketua panitia Ipmawan Racha Julian, sangat antusias dan berharap acara ini memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, “Harapannya mulai dari sini pelajar kita dapat berdaulat secara ekonomi dan tentunya semoga tagar #PelajarDilarangMiskin dapat terealisasikan. Pelajar itu dilarang miskin karya, miskin ilmu, miskin relasi, miskin kreativitas, dan tentunya miskin secara finansial”, ujarnya yang juga mahasiswa Fisipol UMY ini. Tambahnya lagi, follow up dari kegiatan ini adalah terbentuknya lembaga kewirausahaan PD IPM Kab. Gunungkidul dengan nama “PekenMu”, sebuah akronim dari Peken (Baca : Pasar dalam bahasa Jawa) Muhammadiyah. (admin)