Kamis (18/02) ba’da Isya menjadi hari pertama PKM-TM 3 yang dilaksanakan secara daring melalui ZOOM Meeting

Setelah dilaksanakannya pembukaan, acara dilanjutkan dengan Stadium General yang diisi oleh Prof. Dr. Hilman Latief, Ph.D. dengan membawakan tema Gerakan Filantropi, beliau sendiri merupakan Ketua LazisMu Pusat. Dalam materi yang beliau sampaikan, seluruh peserta dengan seksama memperhatikan pemateri menyampaikan bagaimana pentingnya filantropi di tengah-tengah agama ataupun di saat pandemi seperti sekarang ini.

Filantropi sendiri merupakan sebuah konsep kebajikan di tengah masyarakat yang memeiliki arti cinta kepada manusia dan biasanya digambarkan dengan pemberian yang akan menimbulkan timbal balik yang positif antara si Pemberi dan Si Penerima. Dalam materinya kita sebagai kader Muhammadiyah harus bisa menempatkan filantropi ini dalam lingkup agama karena pada dasarnya Islam sendiri sangat lah dekat dengan konsep ini dengan adanya shodaqoh dan zakat.

Hilman menekankan kepada peserta untuk bisa memahami bahwa konsep ini tidak mengharuskan kita sebagai pemberi karena tentu saja level setiap orang yang berbeda dan hal itu bisa digantikan dengan pemberian yang lainnya, bisa berbentuk pikiran, kebaikan dalam membantu dan lain sebagainya. Adapun Pemateri menjelaskan Keuntungan yang pastinya akan didapat setelah kita melaksanakan konsep tersebut; 1. Berdaulat, 2. Berkompeten dalam beragama, 3. Managerial Skill, 4. Kompetensi Kepemimpinan dan Organisasi dan yang terakhir, 5. Kompetensi Kepeloporan dan Kemanusiaan.

“Jangan sampai filantropi ini hanya sekedar dipahami saja, karena jika hanya anda pahami filantropi hanyalah memberi. Padahal itu adalah gagasan-gagasan cerdas yang harus dirumuskan dan juga menopang  gerakan Philantropy sendiri” pesan Prof. Hilman kepada peserta diakhir acara. (dani)