YOGYAKARTA, IPMDIY.ID – Revolusi industri telah merubah pola hidup masyarakat masa kini. Hal tersebut disampaikan oleh Dr. phil. Ridho Al Hamdi, MA. sebagai pembicara dalam acara Tabligh Akbar, hari Sabtu (11/5) lalu, pukul 16.00 wib, di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Acara ini merupakan salah satu dari rangkaian Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Ikatan Pelajar Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (IPM DIY).

Gadget, menurutnya, sebagai hasil temuan perkembangan teknologi telah membersamai masyarakat dalam satu dekade terakhir dan membuat mereka tak bisa terlepas dari benda bernama “Gadget”. Tentu saja hal ini menurutnya lagi tidak benar. “Masyarakat seharusnya bisa mengontrol diri dalam penggunaan ‘gadget’ sebagai hasil ciptaan manusia. Terlebih, anak-anak milenial merasa harus mengupdate status untuk menunjukkan eksistensi mereka. Hal ini tentu saja tidak baik bagi mereka karena membuat mereka menjadi tidak pintar, tanggap dan apatis,” pungkasnya.

Lalu, pria yang merupakan alumni IPM dan Mantan Ketua Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Jerman Raya ini mengharapkan agar perkembangan teknologi jangan sampai digunakan untuk memecah sesama umat, “Jangan sampai perkembangan teknologi justru menjadi sumber perpecahan antara sesama umat. Komunikasi dalam media sosial memiliki peran besar dalam perpecahan umat di masa kini. Hal ini terjadi karena komunikasi di media sosial itu merupakan komunikasi tak langsung dan merupakan komunikasi yang tidak nyata,” ujarnya

Mengingat semakin maraknya peredaran hoax/berita palsu dalam kehidupan masyarakat, maka menurutnya lagi, kunci utama untuk mencegahnya adalah menahan diri, “Keimanan juga diuji dalam mengikuti perkembangan teknologi seperti menahan untuk tidak menyebar berita-berita hoax karena dapat menimbulkan fitnah dan berdampak merugikan banyak orang. Hal yang menurut kita benar, belum tentu benar bagi orang lain,” jelasnya. Sehingga, kata beliau, berita-berita yang belum tentu kebenarannya sudah seharusnya tidak disebar sebelum mengeceknya terlebih dahulu. (inas)