BANTUL, IPMDIY.ID – Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (PW IPM DIY) periode 2018 – 2020 resmi dilantik, pada Kamis (21/02) pagi tadi, dengan nakhoda baru, yaitu Ipmawan Ahmad Hawari Jundullah sebagai Ketua Umum.

Jundul -sapaan akrabnya- dalam sambutannya menyatakan sempat ketakutan ketika membayangkan apa yang akan terjadi selama satu periode ke depan, namun di saat yang bersamaan ada harapan untuk menghilangkan rasa takut tersebut, “Ada banyak ketakutan yang saya hadapi, seperti permasalahan, konflik, rintangan, krisis, dan lain sebagainya yang akan terjadi pada satu periode ke depan. Tetapi, saya yakin bahwa di balik semua ketakutan tersebut, masih ada harapan untuk dapat menghilangkannya”, ujarnya.

Harapan yang dimaksud olehnya adalah, spirit kemandirian yang merupakan manifestasi dari potensi kawan – kawan pelajar Muhammadiyah DIY dari wilayah hingga ranting, berdasarkan hasil dari Musywil XXI IPM DIY Januari lalu, “Kenapa harus spirit kemandirian? Karena bagi kami, spirit kemandirian yang dimaksud adalah bagaimana pelajar itu sudah sukses dengan dirinya sendiri, minimal dapat berprestasi dalam hal pendidikan, sosial, dan lain sebagainya. Intinya, spirit kemandirian ini adalah spirit perubahan, yang harus kita mulai dari diri kita sendiri”, jelas Jundul.

Lanjutnya, spirit kemandirian ini diwujudkan dengan salah satu agenda aksinya, yaitu Griya Komunitas, yang menunjukkan bahwa pelajar – pelajar yang mandiri harus dihimpun dengan sebaik – baiknya, “Maka dari itu, strategi komunitas ini adalah salah satu cara untuk mempopuliskan gerakan IPM bagi pelajar dan masyarakat. Komunitas bisa diartikan pemberdayaan pelajar sesuai dengan bidang, bakat, dan minatnya masing – masing. Selain itu, spirit kemandirian juga berkaitan dengan kewirausahaan. Oleh karena itu, kita berharap banyak bidang Pengembangan Kreatifitas dan Kewirausahaan, yang merupakan bidang bari di PW IPM DIY pada periode ini”, katanya lagi.

Tidak hanya menggaungkan spirit kemandirian, Jundul juga menggaungkan Pelajar Berdaulat sebagai tag – line pada periode ini, “Pelajar berdaulat ini adalah spirit yang dimulai dari pelajar – pelajar yang mandiri secara pribadi, lalu dihimpun melalui komunitas”, jelasnya. Lanjutnya lagi, dari kemandirian tersebut akan dipopuliskan oleh PW IPM DIY menjadi Pelajar Berdaulat.

Sebagai penutup, Jundul mengucapkan terima kasih kepada beberapa pihak yang hadir dan memberikan dukungan kepada PW IPM DIY periode yang baru ini. Dia berharap, spirit yang ditunjukkan oleh pelajar Muhammadiyah ini menjadi spirit optimisme untuk menyongsong masa depan yang lebih baik lagi. (dzik)